Inilah maskot asian games 2018 Jakarta-Palembang

Seperti Yang sudah di ketahui tahun depan  indonesia akan mengadakan hajatan besar dalam bidang olahraga,yaitu Asian Games 2018.
yah Indonesia Terpilih Menjadi Tuan rumah Ajang olahraga paling bergengsi di asia tersebut,pemerintah sendiri telah memilih Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah penyelenggara acara besar tersebut.
Untuk Jakarta sendiri sampai saat ini sudah melakukan renovasi besar-besaran di stadion Gelora Bung Karno (GBK) sedangkan Pemprov palembang sendiri juga sedang ngebut-ngebutnya membangun infrastruktur sebagai persiapan asian games tersebut,salah satunya adalah membangun  wisma atelit di kawasan jakabaring sport center,dan juga membangun prasarana transportasi yaitu LRT (light train transit) yang di perkirakan menelan APBN sebesar 11 triliyun dan juga jembatan musi 4 yang rencana akan siap sebelum asian games dimulai.

Asian games tidak bisa di pisahlkan dengan maskot sebagai identitas acara tersebut.
Apa itu Maskot?
Menurut KBBI sendiri Maskot adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang, atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan dan untuk menyemarakkan suasana acara yang diadakan.

Yah setiap acara besar seperti piala dunia atau asian games pasti akan memiliki maskot tersendiri.
sebagai contoh asian games pada 2010 yang di selenggarakan di ghuangzho,china memilih maskot yang berbentuk domba yang berjumlah 5.


domba-domba tersebut di beri nama A Xiang, A He, A Ru, A Yi, dan Le Yang
Ada empat domba kecil dan satu domba besar yang merupakan perlambang harmoni, berkah, kesuksesan, dan kebahagiaan, dalam karakter China.

Begitupun dengan maskot Asean Games pada 2014 di incheon,korea selatan.yang memilih 3 ekor singa laut menjadi maskotnya.
asian games 2014

Tiga singa laut itu diberi nama Barame, Chumuro, dan Vichuan, dalam bahasa Korea berarti angin, tarian, dan cahaya. Ini sebagai perlambang perdamaian antara Korsel dan Korea Utara di masa mendatang.

Lantas Bagaima bentuk dan maskot asian games 2018??
sebelum ini pemerintah indonesia pada era presiden SBY sudah membuat design dengan memilih burung cendrawasih dari papua yang di berinama drawa.


drawa!


Namun akhir-akhir ini pemerintah indonesia di bawah kepimpinan presiden jokowi ,merubah design maskot tersebut dengan memilih 3 karakter hewan khas indonesian yaitu burung cendrawasih ,badak,dan rusa.


asian games 2018 indonesia!

tiga  karakter yang terpilih, yakni Bhin Bhin (nama burung cendrawasih dari Indonesia bagian barat), Atung (rusa bawean dari Indonesia bagian tengah), dan Ika (badak bercula satu dari Indonesia bagian barat).

Bhin Bhin menggambarkan strategi, Atung mewakili kecepatan, sedangkan Ika mencerminkan kekuatan. Ketiganya menggantikan maskot lama, Drawa.

Namun menurut saya jika 3 nama tersebut di gabungkan,maka akan seperti ini , Bhin-Bhin (Bhineka) Atung (Tunggal) ika (Ika) yah nama tersebut akan menjadi Bhineka Tunggal Ika yang artinya Walau kita berbeda-beda tetap satu juga.
Share this with short URL Get Short URLloading short url

Related posts

THE BEST ARTICLES


EmoticonEmoticon