Cara Daftar NPWP Online Dan Daftar Secara Langsung

Membayar Pajak Menjadi Kewajiban Seluruh Warga Negara Dan Menjadi penghasilan negara yang paling utama, maka tidak Heran Jika pemerintah Sedang giat-giatnya mempromosikan wajib pajak baik itu Melalui Tax Amnesti dan lain-lain.

Syarat Agar Seseorang Dapat membayar Pajak Adalah memiliki NPWP.
Apa itu NPWP??
NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk mempermudah administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Apa Fungsi Dari NPWP itu sendiri?

cara daftar npwp online
fungsi utama Dari Npwp Adalah Sebagai sarana dalam hal administrasi perpajakan

Menjaga ketertiban dalam hal pembayaran dan pengawasan administrasi perpajakan

Menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum, seperti kartu kredit bank, paspor, dan persyaratan pegawai untuk beberapa instansi.

Jadi Tidak Heran Jika sobat ingin mendapatkan pelayanan dari Bank atau Instasi pemerintah lainya akan di minta NPWP terlebih Dahulu.

Bagaimana Cara Daftar NPWP?

A-Cara Daftar Npwp Secara Langsung.

Datang lah sendiri ke Kantor Pajak terdekat di daerah Anda  (bukan diwakilkan konsultan/notaris).

Pastikan KTP Anda sesuai dengan lingkup kerja Kantor Pajak tersebut, jika tidak sama silahkan Anda membuat surat keterangan domisili terlebih dahulu.

Persiapkan persyaratan NPWP dengan lengkap.

Sebagai tambahan, Anda tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah tertentu karena pembuatan NPWP tidak dipungut biaya.

Isi formulir pendaftaran NPWP dengan lengkap dan benar, jika Anda ragu silahkan isi sesuai yang Anda tahu dan bisa Anda lengkapi saat petugas memintanya.
Silahkan download dan print formulir pendaftaran NPWP di sini : Formulir NPWP atau Anda dapat mengambil langsung di Kantor Pajak.

Serahkan formulir pendaftaran NPWP dan persyaratannya, jawab seperlunya saat ditanya petugas pembuat NPWP.
Secara Aturan, NPWP Anda akan langsung diproses saat itu juga jika sudah dinyatakan lengkap, namun yang perlu Anda tahu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar harus dikirim lewat POS ke alamat yang Anda cantumkan saat mendaftar. Namun dalam kondisi tertentu seperti alamat yang sangat terpencil, kartu NPWP bisa langsung Anda terima saat itu juga.

B-Cara Daftar NPWP Online




  • masukan email sobat yang masih aktif kemudian masukan captha yang ada pada kolom tersebut.
  • jika alamat email sobat masih aktif dan captha yang sobat masukan benar sobat akan mendapatkan pemberitahuan sukses untuk mengkonfirmasi email sobat.


  • silahkan buka email sobat dan klick link konfirmasi yang sudah anda terima pada email tersebut.
  • kemudian isi kolom email ,password,dan data-data  sesuai dengan identitas sobat,pastikan isi dengan benar.

  • jika pendaftaran sudah suses.silahkan sobat kembali masuk ke email sobat kemudian klik link confirmation tersebut kemudian login dengan menggunakan email dan password yang telah sobat daftarkan tadi.
  • jika sudah masuk sobat akan di bawa pada dashboard seperti ini:

  • jika sobat daftar npwp untuk pribadi silahkan contreng orang pribadi dan status pusat.
  • kemudian isi identitas anda pada kolom-kolom yang tersedia (wajib untuk yang bertanda bintang)


  • untuk menu penghasilan anda akan di minta untuk memilih 4 jenis pekerjaan:

a- Pekerjaan dalam hubungan kerja
Maksudnya adalah apabila sobat bekerja sebagai pegawai atau karyawan, entah itu swasta, PNS, BUMN, atau jabatan lainnya.

b- Kegiatan Usaha
Yang dimaksud dengan kegiatan usaha adalah apabila sobat memiliki usaha sendiri,seperti usaha toko, restaurant,bengkel, warnet, dll.

c-Pekerjaan Bebas
Yang dimaksud dengan kegiatan bebas adalah apabila sobat memiliki keahlian khusus seperti dokter atau notaris atau bahkan pengacara.

d-Lainya
Yang Dimaksud iyalah apabila sobat memiliki pekerjaan selain dari 3 pekerjaan diatas,contohnya adalah seorang freelance, atau seseorang yang bekerja paruh waktu atau pekerjaan lepas atau istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen untuk jangka panjang kepada perusahaan, owner bisnis maupun pemilik usaha tertentu sehingga kerjaan sebagai freelance tidak bersifat terikat dengan aturan perusahaan.

  • jika semua sudah ada isi silahkan tekan next atau menu selanjutnya adalah pengisian alamat.

yang dimaksud alamat disini adalah adalah domisili tempat Anda tinggal saat ini, yang seharusnya belum tentu sama dengan KTP Anda. Pada artikel sebelumnya, saya menyarankan untuk mengisi sesuai dengan keadaan yang ada yaitu walaupun KTP Anda Jakarta namun karena Anda tinggal di gunung sari banten, maka tetap Anda isi gunung sari, dan secara aturan hal ini diperbolehkan.

Namun kenyataan di lapangan berbeda, ada beberapa kantor pajak yang memiliki kebijakan untuk mengisi kolom tempat tinggal sesuai dengan data KTP. Jadi, untuk itu saya menyarankan sebaiknya Anda isi saja kolom tempat tinggal dengan data KTP.

Isi semua kolom, namun jika tidak ada,boleh dikosongi. Untuk yang tidak memiliki nama jalan bisa diisi nama Dusun/Desa/Kelurahan.
untuk kode wilayah sobat tinggal klik kode wilayah nanti akan keluar pilihan seperti di bawah ini:


  • jika sudah selanjutnya kita tekan menu selanjutnya yaitu Alamat domisil

saran saya agar lebih muda sobat cukup centrang kolom sama dengan alamat ktp.



  • jika sudah, langkah selanjutnya adalah mengisi menu Alamat Usaha



Jika sobat hanya seorang karyawan atau pegawai sobat langsung saja klick next untuk langkah selanjutnya tapi bagi anda yang memiliki usaha silahkan isi kolom tersebut.


  • untuk menu selanjutnya adalah mengisi menu info tambahan.

info tambahan dalam kolom tersebut adalah memberi informasi tentang tanggungan dan penghasilan untuk perbulanya.
contoh jika sobat memiliki anak 2,dalam kolom jumlah tanggungan silahkan  sobat isi 2 , dan maksimal jumlah tanggungan adalah 3,walau sobat punya 4 atau 5 anak di situ sobat harus tetap isi dengan jumlah 3.
dan untuk penghasilan perbulanya disitu silahkan sobat contreng jumlah sesuai penghasilan sobat.

jika sudah langkah selanjutnya adalah mengupload berkas persyaratan untuk melengkapi permohonan NPWP sobat.
dalam kolom tersebut ada 2 cara yaitu :
  1. upload file  dalam bentuk atau format gif/jpg/jpeg/png. dan maxsimal ukurn file adalah 1mb
  2. kirim secara manual melalui pos/jne/tiki dan service lainya

jika anda memilih untuk menguplod silahkan contreng pilihan yang atas.

gambar contoh

kemudian silahkan upload photo sobat dengan dalah satu ukuran atau format yang tadi saya sudah sebutkan.

  • jika sudah langkah selanjutnya adalah pernyataan dari data-data yang sudah sobat isi dari menu pertama sampai terakhir.
gambar contoh



dalam kolom tersebut sobat cukup contreng lengkap dan benar, kemudian klik simpan.

Jika sobat sudah mengklik simpan,maka otomatis sobat akan kembali ke menu dashbord permohonan NPWP silahkan sobat meminta token atau klik minta token.
gambar contoh
setelah sobat klik nanti akan keluar pemberitahuan sukses,kemudian silahkan buka email anda dan silahkan kopi kode yang ada dalam email tersebut seperti gambar di bawah ini:
gambar contoh

  • selanjutnya kembali ke dashboard pendafaran NPWP sobat kemudian tekan kirim permohonan.

gambar contoh


jika sudah sobat tekan nanti akan muncul pemberitahuan atau permintaan kode,silahkan sobat masukan kode yang sebelumnya sobat dapatkan dan copy dari email sobat tadi.
gambar contoh
Dan nanti akan mendapat pemberitahuan bahwa permohonan NPWP sobat telah sukses dan data-data sobat telah masuk ke Dirjen pajak,dan permohonan sobat akan selesai di proses dalam jangka waktu 14-15 hari,jika selama hari itu sobat tidak mendapatkan npwp sobat,silahkan sobat telphone kantor pajak atau sobat memohon npwp online sekali lagi mungkin sebelumnya ada data sobat yang tidak sesuai atau salah.
Share this with short URL Get Short URLloading short url

Related posts

THE BEST ARTICLES


EmoticonEmoticon