15 Bank Terbesar DI Asia Tenggara

Pernah kah kita berfikir atau Bertanya-tanya,Di antara banyak bank di asia tenggara ini,
Bank Manakah yang memiliki asset terbesar diantara bank-bank lain?

Mengutip Dari wikipedia, ada 20 bank di asean yang di kategorikan termasuk  bank yang memiliki asset yang besar.
Tentunya wikipedia sendiri mengutip sumber dari majalah forbes,yang merupakan salah satu majalah financial ternama di dunia yang berada di amerika.

dan menurut forbes 20 bank yang memiliki asset terbesar di asean, di posisi pertama masih di duduki bank-bank dari singapura. berikut daftarnya 15 dari 20 Bank  yang di sebutkan  forbes memiliki asset terbesar di ASEAN :

1- DBS BANK
Bank ini sebelumnya dikenal sebagai The Development Bank of Singapore Limited, sebelum nama ini diadopsi pada Juli 2003 untuk mencerminkan peran berubahnya sebagai bank daerah.
DBS Bank didirikan pada tahun 1968 sebagai lembaga pembangunan-pembiayaan yang dipimpin oleh pemerintah Singapura. Hari ini, kantor cabang-cabangnya berjumlah lebih dari 100 dapat ditemukan di seluruh pulau. DBS Bank merupakan bank terbesar di Asia Tenggara dengan aset dan di antara bank-bank besar di Asia. Bank ini memiliki posisi pasar-dominan dalam perbankan konsumen, perbendaharaan dan pasar, manajemen aset, broker sekuritas, ekuitas dan penggalangan dana utang di Singapura dan Hong Kong.
Menurut forbess bank ini memiliki asset sebesar US$ 322.8 milyar.
2-OCBC
Oversea-Chinese Banking Corporation Limited Disingkat OCBC Bank adalah organisasi jasa keuangan publisitas dengan kantor pusat di Singapura, didirikan pada tahun 1932 karena Depresi Besar dengan penggabungan tiga bank-bank - Chinese Commercial Bank (1912), Ho Hong Bank (1917) dan Oversea-Chinese Bank (1919). OCBC Bank merupakan salah satu bank lokal terkemuka Singapura, dengan aset kelompok lebih dari S$224.000.000.000. Bank ini memiliki salah satu peringkat kredit bank tertinggi di wilayah tersebut. Pada November 2010, OCBC Bank adalah bank lokal terbesar di Singapura dengan kapitalisasi pasar. Namun, bank ini adalah bank lokal terkecil di Singapura dengan kehadiran global.
Jaringan global bank ini telah berkembang menjadi terdiri lebih dari 530 cabang dengan kantor perwakilan di 18 negara dan wilayah, termasuk Singapura, Malaysia, Indonesia, dan beberapa cabang kecil di Republik Rakyat Tiongkok, Hong Kong, Jepang, Australia, Britania Raya dan Amerika Serikat. Cabang-cabang meliputi 630 cabang dan kantor di Indonesia dioperasikan oleh anak perusahaannya, Bank OCBC NISP.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 275.1 Milyar

3-UNITED OVERSEAS BANK
United Overseas Bank Limited Disingkat UOB adalah salah satu bank di Singapura. Bank ini didirikan pada 6 Agustus 1935 oleh Datuk Wee Kheng Chiang, ayah di Ketua United Overseas Bank Group, Wee Cho Yaw, dan kelompok tujuh pebisnis Tionghoa. Hari ini, UOB adalah bank terbesar ketiga yang berbasis di Singapura.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 222.8 Milyar

MAYBANK atau Malayan Banking Berhad adalah jaringan bank dan grup jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia, dan beroperasi sebagai perbankan penting di Singapura, Indonesia dan Filipina. Bank yang memiliki kepentingan besar dalam perbankan Islam melalui Maybank Islamic Bank dan asuransi melalui anak perusahaannya Etiqa. Maybank adalah bank  terbanyak di Malaysia dengan lebih 384 cabang lokal dan 190 cabang dan kantor di luar negeri. Maybank adalah perusahaan terdaftar di Bursa Saham Malaysia dengan nilai terbesar, Bursa Malaysia, dengan kapitalisasi pasar di lebih dari RM54 miliar pada 31 Maret 2011.
Pada tahun 2008, Maybank menyelesaikan akuisisi 15% dalam An Binh Bank (Vietnam), 20% Muslim Commercial Bank of Pakistan (Pakistan) dan 97,5% Bank Internasional Indonesia (BII). Dan juga, Maybank memenangkan Merek Malaysia yang Paling Berharga untuk tahun kedua (yang senilai RM9,3 miliar), dan Deal of the Year - Insolvency & Restructuring Deal of the Year di ALB SE Asia Law Awards tahun 2008.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 165.0 Milyar
Bahkan Pada tahun 2011, Maybank mendapat peringkat 458 dalam Memimpin Perusahaan oleh Forbes Global 2000 dengan kapitalisasi pasar sebesar AS$20,98 miliar.
5-CIMB BANK
CIMB Group merupakan perusahaan jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia yang terdaftar dalam Bursa Malaysia melalui Bumiputra-Commerce Holdings Berhad (BCHB). Pada tahun 2004, CIMB memulai proses membangun sebuah bank global yang kuat dan kompetitif dengan Commerce International Merchant Bankers (CIMB) ditunjang, bank investasi yang terbesar di arealnya. Bank CIMB merupakan hasil gabungan Bank Bumiputra-Commerce dan Southern Bank dengan CIMB, bank investasi paling banyak penghargaan di Malaysia. Ini mengakibatkan penciptaan bank global yang pertama di Malaysia.
CIMB Group telah berkembang dari jumlah karyawan sebanyak 1.000 orang di Malaysia kepada 20.000 orang di 12 negara sedangkan investasi pasar telah meningkat dari RM6,3 miliar kepada RM33 miliar. Berdasarkan harga pasar pada 13 Mei 2008, BCHB merupakan yang ketiga terbesar di belakang Public Bank dan Maybank. Jumlah aset Grup pula bertambah dari RM14, miliar kepada RM155 miliar dengan tambahan RM18 miliar lagi yang merupakan dana pihak ketiga dalam pengelolaan.
Di Indonesia, bisnis perbankan CIMB ditampilkan melalui PT Bank CIMB Niaga yang merupakan bank terbesar keempat di Indonesia dengan aset. Laporan saat ini menunjukkan yang Khazanah Nasional (pemilik saham besar BCHB) akan menggabungkan PT Bank CIMB Niaga dengan PT Bank Lippo di bawah lingkup BCHB disebabkan pengenaan peraturan yang entitas tunggal tidak bisa memiliki lebih dari satu lisensi perbankan pada masa yang sama.
Selain itu, CIMB memperluas berbagai produk dan layanan melalui kemitraan strategis. Mitra meliputi Principal Financial Group, Aviva, Sunlife Financial, Allianz Malaysia Berhad, Mapletree Capital Management, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Standard Bank, Daewoo Securities, Kanoo Group, Malaysia Airlines, International Currency Exchange, EDS, Pos Malaysia, 7-11, Singer Malaysia, dan banyak lagi.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 107.7 Milyar

6-PUBLIC BANK
Public Bank Berhad adalah sebuah bank berbasis di Malaysia, didirikan pada tahun 1966 oleh Teh Hong Piow, yang kemudian menjadi manajer besar Malayan Banking (Maybank). Bank ini terdaftar di Bursa Saham Malaysia pada tahun 1967.
Pada saat ini, Public Bank adalah bank domestik terbesar di Malaysia dengan dana pemegang saham, dan memiliki 243 kantor cabang lokal dan 3 kantor cabang luar negeri yaitu, cabang Hong Kong, cabang Kolombo, Sri Lanka dan cabang Vientiane, Laos.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 95.4 Milyar

7-BANGKOK BANK 
Bangkok Bank Public Company Limited adalah bank komersial bermarkas di BangkokThailand yang didirikan pada tahun 1944. Dengan lebih dari 18 juta akun, hal ini adalah bank terbesar di Thailand, dan bank daerah terbesar ketujuh di Asia Tenggara. Jaringan cabang mencakup lebih dari 1000 cabang di Thailand, dengan 25 cabang atau kantor perwakilan internasional di 13 negara, mencakup ASEAN dan negara-negara ekonomi utama, termasuk anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki di Malaysia dan China. Bangkok Bank juga mengoperasikan cabang di London dan New York untuk melengkapi jaringan luas di Asia Tenggara.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 83.6 Milyar

8-SIAM COMMERCIAL BANK
SCB  adalah bank pertama Thailand, didirikan pada tahun 1904 sebagai Book Club , dan Saat ini adalah kelompok universal banking di Thailand dengan Dokter Vichit sebagai Ketua komite eksekutif.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 81.4 Milyar

9-KRUNG THAI BANK
Krung Thai Bank adalah bank milik negara di bawah lisensi yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.
Bank ini didirikan pada 14 Maret 1966 melalui penggabungan Agriculture Bank Limited dan Mondhon Bank Limited, yang mana pemerintah Thailand adalah pemegang saham utama mereka.
kedua Bank yang digabung itu kemudian bernama ‘Krungthai Bank Limited'. Kantor pusatnya berlokasi di Distrik Watthana, Bangkok.
Saham ekuitas Krung Thai Bank diperdagangkan di Bursa Saham Thailand (SET).
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 81.0 Milyar

10-KASIKORNBANK
Kasikornbank sebelumnya dikenal sebagai Thai Farmers Bank adalah kelompok perbankan terkemuka di Thailand. KBank didirikan pada tanggal 8 Juni 1945 (2488 BE ) oleh Choti Lamsam , dengan modal terdaftar dari lima juta baht. Telah tercatat di Bursa Efek Thailand sejak tahun 1976. Ketua dan CEO adalah Bantoon Lamsam , cucu dari pendiri. Pada tahun 2003, Thai Farmers Bank berubah nama menjadi Kasikornbank atau KBank.
Pada Desember 2015 KBank adalah yang terbesar keempat bank umum di Thailand yang diukur dengan total aset, pinjaman, dan deposito, dengan pangsa pasar sebesar 14,5%, 14,6% dan 15,3% masing-masing. Kasikornbank memiliki modal terdaftar 30,5 miliar baht dengan modal disetor 23,9 miliar baht dan kapitalisasi pasar 360 miliar baht (kedua terbesar di sektor perbankan di Bursa Efek Thailand ). KBank memiliki total aset 2555000000000 baht, total simpanan 1705000000000 pinjaman baht dan jumlah (untuk pelanggan kurang pendapatan ditangguhkan) luar biasa dari 1.610 triliun baht. Bank ini menawarkan consumer banking seperti layanan kartu kredit, dan pinjaman hipotek, manajemen kekayaan, layanan perbankan korporasi termasuk manajemen kas, pembiayaan perdagangan internasional, pinjaman, deposito-taking, pembiayaan rantai pasokan, Bancassurance, FX dan turunannya, perbankan investasi, jasa kustodian , manajemen aset, layanan surat berharga, dan anjak piutang.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 75.1 Milyar.

11-BANK MANDIRI
PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 66.0 Milyar.

 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk (BRI atau Bank BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di PurwokertoJawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 63.7 Milyar.

13-RHB BANK
RHB Bank Berhad  (dikenal juga sebagai Rashid Hussein Bank) adalah sebuah bank yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Ia mengkhususkan di dalam perbankan perdagangan, korporat, perbankan investasi dan layanan perbankan internasional. Bank ini dibentuk setelah suatu percantuman di antara Kwong Yik Bank dan DCB Bank (Development and Commercial Bank, dikenal juga sebagai D&C Bank) pada 1 Juli 1997, dan kemudian Sime Bank dan Bank Utama. Pada 9 Maret 2007, Kumpulan Wang Simpanan Pekerja (KWSP) telah mendapat kontrol terhadap bank tersebut, setalah memenangkan satu tawaran terhadap EON Capital dan satu konsorsium yang dipimpin oleh Kuwait Finance House. RHB Bank adalah bagian dari sebuah konglomerat keuangan, RHB Capital Berhad.
RHB Bank merupakan bank ketiga terbesar di Malaysia, dengan 200 kantor di Malaysia dan seluruh wilayah itu (sehingga 2002). Bank ini juga disebut sebagai "Bank Domestik Terbaik / Best Domestic Bank" oleh kedua Finance Asia dan Euromoney pada tahun 1997.
Asalnya, RHB Bank (Swift Code: RHBBMYKLXXX) juga biasa dikenal sebagai Sime Darby Bank dan sebelulm itu adalah United Malayan Banking Corporation, sebuah bank yang dikaitkan dengan UMNO. RHB Bank mengkhusu di dalam perbankan klien dengan entitas-entitas lain seperti RHB Islamic Bank, Delta Finance pada namanya. RHB Bank perdagangan yang bertumpu pada pinjaman industri dan kommersial di Singapura, di balik itu selayaknya menjadi bank penuh.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 53.7 Milyar.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) (IDX: BBCA) adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV dan pernah menjadi bagian penting dari Salim Group. Sekarang bank ini dimiliki oleh salah satu grup perusahaan rokok terbesar di dunia, Djarum.
Menurut forbes bank ini memiliki asset sebesar US$ 43.1 Milyar.

Bank Negara Indonesia atau BNI (IDX: BBNI) adalah sebuah institusi bank milik pemerintah, dalam hal ini adalah perusahaan BUMN, di Indonesia. Dalam struktur manajemen organisasinya, Bank Negara Indonesia (BNI), dipimpin oleh seorang Direktur Utama[1] yang saat ini dijabat oleh Achmad Baiquni.
Bank Negara Indonesia (BNI) adalah bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946. Saat ini BNI mempunyai 914 kantor cabang di Indonesia dan 5 di luar negeri. BNI juga mempunyai unit perbankan syariah, Namun sejak 2010 telah spin off (Memisahkan diri), yang dinamakan BNI Syariah
PT Bank Negara Indonesia Tbk didirikan oleh Margono Djojohadikusumo, yang merupakan satu dari anggota BPUPKI, lalu mendirikan bank sirkulasi/sentral yang bertanggung jawab menerbitkan dan mengelola mata uang RI.
Margono berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha perbankan di Indonesia. Karena Margono adalah seorang pionir, maka dia berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis perbankan di Indonesia, menggantikan peranan De Javasche Bank pada era penjajahan.
Share this with short URL Get Short URLloading short url

Related posts

THE BEST ARTICLES


EmoticonEmoticon