MENGENAL SIAPA KITA

Assalamualaikum Wr. Wb

Terkadang dalam kehidupan sehari-hari kita selalu di suguhkan berbagai masalah-maslah hidup yang tidak ada habisnya..hilang satu datang lagi dan terus berputar seperti itu sampailah ajal menjemput kita.
terkadang karena masalah masalah yang sebenarnya datang dari cara berfikir kita,kitapun akhirnya lupa.bahwa yang di butuhkan manusia agar tetap hidup hanyalah makan dan minum.

kita di buat lupa bahwa ketika kita di lahirkan di dunia ini telanjang,tak tau apa-apa dan tak butuh apa-apa yang kita butuhkan hanyalah air susu kemudian makan dan minum,agar kita hidup dan tumbuh menjadi manusia seperti sekarang ini.

siapakah kita ? darimana kita ?
apakah kita mengenali diri kita?
apakah kita memahami siapa sesungguhnya kita ini.

inti dari diri kita adalah roh,roh sudah di ciptakan di surga sebelum kita ada,
roh berasal dari sesuatu yang tidak terlihat,tidak bisa di hancurkan,tidak bisa di pikirkan,tidak bisa di bunuh dan tidak pernah mati,walau jasad tempat bersemayam nya di hancurkan,jadi sebenarnya sejak kita terlahir dan menjadi tua bangka kita ini berasal dari sesuatu yang tidak nampak,namun sebagian dari kita tidak menyadari itu,dan kematian menjadi satu momok yang menakutkan bagi mereka yang tidak mengenal roh atau dirinya sendiri.

banyak orang yang memperbicangkan tentang roh,tapi sedikit dari mereka yang mengetahui tentang sifat abadi itu.
ada dan tidak ada sesungguhnya sama bagi mereka yang mengetahui jalan kebenaran yang sesungguhnya.

ketika manusia lahir pancaindra lah yang menguasai manusia,sedangkan roh adalah pendukung raga seluruhnya,lahirnya atau adanya pancaindra setelah manusia di lahirkan,sedangkan roh sudah ada sebelum manusia di lahirkan kedunia,jadi jangan mensamakan pancaindra dengan roh.karena di dalam panca indra itu terdapat nafsu dan pikiran,itikad perasaan dan akal.siapa yang beritikad baik pikiranya akan tenang,nafsunya akan terkendalikan,perasaanya menjadi tajam,dan fikiranya menjadi cerdas.dan siapa yang mampu mengendalikan pancaindranya dan memusatkan akal dan perasaanya terhadap roh untuk bersujud dan beribadah pada sang pencipta maka mereka akan menemukan kebahagian yang sesungguhnya.

''Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku” (QS Adz Dzaariyaat 51 : 56)
Beribadahlah kepada Tuhanmu sampai kematian menjemputmu” (QS al Hijr [15] : 99)
kesimpulan dari di ciptakan manusia adalah untuk beribadah,dan kembali ke tempat asalnya yaitu surga,ketika allah menciptakan roh,roh dalam keadaan suci,kemudian ketika roh itu di masukan dalam raga dalam bentuk manusia,kemudian allah memberikanya pancaindra,yang terdiri dari  nafsu dan pikiran,perasaan dan akal,untuk menggerakan raga itu agar tetap hidup.jika manusia dapat mengendalikan pancaindranya terpusat pada rohnya..maka dia akan menemukan siapa dirinya, dan dan apa tanggung jawabnya di dunia yang kelak akan di tanyakan ketika mereka akan kembali ke tempat asalnya.
masalah-maslah hidup yang ada sekarang ada di ciptakan oleh pancaindra kita,perasaan kita,keinginan kita,nafsu kita,yang sebenarnya di ciptakan untuk menggerakan raga kita.ketika kita mati raga kitapun akan mati,tetapi kita tidak akan mati.
ketika kita hidup hanya mengikuti nafsu maka tempat terakhir kembali kita adalah nafsu..nafsu di ciptakan dari api neraka,yang kegunaanya untuk menggerakan raga kita.
ketika kita hidup mengikuti akal fikiran maka tempat terakhir kita adalah surga,karena akal fikiran berasal dari surga yang kegunaanya mengontrol nafsu.

ibarat roh adalah manusia dan pancaindra adalah sebuah sepedah motor.
ketika di beri panca indra untuk menuju kembali ketempat asal kita (surga).
sepeda motor itu akan jalan jika ada bahan bakar dan berbagai spare partnya,gas,perseneling  (nafsu)
untuk mengontrol agar motor itu jalan dengan baik,untuk menuju tujuanya,maka motor itu di beri rem,dan riteng (akal fikiran)
jika seseorang hanya menggunakan gasnya di pastikan akan menabrak hukum hukum yang sudah di tentukan,jika mereka jatuh dan celaka maka dia akan jatuh kedalam neraka.
jika mereka menggunakan motor itu dengan benar,mengontrol motor tersebut, maka mereka akan sampe ketujuan nya yaitu SURGA.
kenapa harus ada resiko ke neraka,jika tempat asal kita adalah surga?
ketika allah menciptakan neraka,malaikat mengatakn tidak ada siapapun yang akan mau tinggal di neraka, tetapi ketika allah menunjukan jalan keneraka sangat penuh dengan nafsu dan kesenangan maka mlaikat mengatakan,bahwa kelak jika engkau menciptakan mahlukh maka semua akan masuk neraka,jika mereka mengetahui jalan menuju neraka penuh dengan kesenangan seperti itu.

kemudian ketika allah menciptakan surga malaikat pun berkomentar,''jika siapapun mengetahui kenikmatan surga yang begitu luar biasa,maka siapapun akan mau tinggal dan menempati surga.
lalu allah menunjukan jalan menuju surga yang begitu berat,dan berbagai cobaan,malaikatpun berkomentar,jika mereka tau jalan nya seperti itu niscaya mereka tidak akan sampai ke surga.

lalu Allah menawari malaikat untuk tinggal di surga tetapi,malaikat tidak mau karena takut jika salah jalan maka mereka akan di masukan keneraka.

kemudian allah menciptakan bumi,kemudian allah memerintahkan malaikat mengambil api neraka untuk di jadikan mahlukh yang siap menghuni surga,dengan syarat mereka harus terlebih dahulu hidup di bumi dan melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan laranganya. jadi allah menciptakan mahlukh untuk menjadi penduduk bumi dan surga.

maka di ciptakanlah JIN,ketika jin telah di ciptakan maka Allah menunjukan neraka dan surga.
jin pun mau tinggal di surga.lalu allah memberitahu syaratnya jin pun menyetujuinya lalu allah mengirim jin itu ke bumi,setelah beberapa ratus tahun kebanyakan jin lupa dengan perintah dan larangannya,lalu allah memperintahkan malaikat untuk membinasakan jin dan keturunanya,maka malaikatpun membinaskanya para jin itu hingga tersisa sedikit dari mereka,ketika malaikat melihat anak jin yang baru lahir ,malaikatpun membawa anak jin yang baru umur beberapa tahun tersebut  itu ke arsy tempat para malaikat tersebut bersemayam,setelah anak jin itu besar di berilah nama azazil ,teryata anak jin itu menjadi sosok yang sangat cerdas,sehingga allah menjadikanya salah satu ketua dari para malaikat dan di tugaskan menjaga dan mendiami surga. tapi dengan syarat di larang sombong.
namun setelah beberapa tahun kemudian,malaikat tersebut menjadi angkuh dan sombong karena kecerdasanya.
Allahpun menyuruh jibril untuk menulis kalimat di atas pintu surga ''AKU (SURGA) HARAM BAGI SIAPAPUN YANG SOMBONG" untuk mengingatkan azazil agar ingat dan tidak menjadi sombong.
kemudian Allah menciptakan mahlukh untuk mendiami bumi dan menjadi penduduk surga.

Share this with short URL Get Short URLloading short url

Related posts

THE BEST ARTICLES


EmoticonEmoticon